Kapan Boleh Ajak Anak Nonton Bioskop?

Tahukah Ma, menonton film di bioskop bisa menjadi cara baik untuk memperkenalkan anak Anda terhadap situasi kehidupan nyata. Di usia berapa bisa mengajak anak?

Anak sudah bisa menonton film anak sekitar usia 2,5 – 3 tahun. Di usia ini anak sudah mulai bisa memahami jalan film anak bertema sederhana.

Ingin mengajak anak menonton bioskop? Kenali beberapa hal harus mama pertimbangkan sebelum mengajak anak ke bioskop:

• Ketika Anda memutuskan membawa anak ke bioskop, sebaiknya pilih film dengan hati-hati. Film action biasanya dirancang untuk remaja atau orang dewasa.

• Pertimbangkan juga tingkat kebisingan terlalu keras untuk telinga sensitif anak.

• Pada usia 2 atau 3 tahun, apa yang ia lihat adalah apa yang dia percaya, dan film yang menakutkan dapat terbawa dalam mimpi buruk. Bahkan film dengan rate “G” (general audience atau umum) bisa terlalu banyak adegan menakutkan untuk anak.

• Jika anak merasa takut saat menonton, bicaralah padanya. Jawab semua pertanyaannya serta beri ia dukungan sementara dia menyelesaikan emosinya. Biarkan dia tahu bahwa tidak apa-apa untuk merasa sedih, marah, atau takut. Ini akan membantunya memahami reaksinya.

• Banyak film yang waktunya terlalu lama untuk anak-anak. Anak relatif memiliki rentang perhatian yang pendek dan sulit untuk duduk diam dan tenang untuk waktu yang panjang.

• Film juga bisa membingungkan atau bahkan menakutkan. Misalnya, anak Anda tidak akan benar-benar memahami tentang kematian sampai sekitar ia berusia 5 tahun. Dia mungkin bertanya-tanya mengapa karakter yang mati tidak bangun lagi, atau bertanya di mana ia pergi. It’s ok, Ma, hanya mama mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaannya sebaik mungkin dengan cara berbisik singkat, dan katakan padanya Anda akan membicarakannya lebih lanjut setelah film usai.
(Foto: dok. Feminagroup.)


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia