Kenalkan Seni pada Anak

Mengasah bakat seni anak bisa dimulai sedini mungkin. Salah satu caranya adalah dengan mengenalkan tentang seni di sekitar Anda. Yuk, ajak anak ke tempat-tempat berikut ini:


Museum

Ajak anak ke tempat pameran seni, seperti museum atau pameran-pameran. Jangan lupa, Anda harus fokus pada pameran yang sesuai dengan ketertarikan anak. Sebelum pulang dari pameran sempatkan untuk melihat souvenir shop. Siapa tahu anak Anda akan mendapat barang-barang bagus yang sesuai dengan nilai seninya.  


Sebelum Anda mengajak anak pergi, jangan lupa meriset siapa saja seniman yang akan Anda dan anak lihat dalam pameran tersebut, saat ke museum buatlah permainan untuk mencari objek seni dari seniman tersebut. Misalnya “Ayo kita berlomba siapa yang lebih dahulu bisa mencari lukisan Raden Saleh!” Dengan otomatis, anak akan lebih senang dan menjadikan pameran seni tersebut lebih seru untuk Anda dan anak nikmati.


Pentas teater

Ajaklah anak Anda menonton pentas teater. Pilihlah pentas yang memiliki kostum menarik atau drama yang bagus. Sebelumnya bacalah tema cerita pentas teater yang akan ditonton, untuk mengetahui apakah pentas itu pantas ditonton anak atau tidak. 


Pentas balet

Ajak anak menonton berbagai pertunjukkan balet. Agar lebih mudah menjelaskan berbagai cerita balet pada anak, pilihlah cerita balet dengan plot yang mudah seperti Swan Lake ataupun Romeo and Juliet. Pilihan lain: ajak mereka menonton pertunjukkan tari modern kontemporer. 


Awalnya kenalkan balet pada anak dengan cara mengajaknya melihat situs barbie.com/nutcracker/history, situs tersebut secara menarik akan mengajarkan tentang sejarah balet.


Konser musik

Ajak anak untuk mengunjungi konser musik. Pilih artis yang memang sesuai dengan usia anak. Jika anak Anda usia pra-remaja, Anda bisa mengajaknya nonton konser penyanyi favorit. Sebelumnya ajari anak Anda dahulu mengenai musik klasik dan etiket konser. (Penulis: Cheryl Pricilla Bensa/foto: dok. Feminagroup)


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia