Ketika Anak Harus Masuk Rumah Sakit

Ada saja hal yang membuat anak terpaksa harus dirawat di rumah sakit. Dan, lazimnya anak-anak, mereka pasti merasa takut harus ‘menginap’ di kamar berdinding putih dengan banyak dokter dan suster berlalu-lalang.

Tahukah Ma, semakin anak merasa takut, semakin lama dan sulit pula proses penyembuhannya. Jadi, apa yang harus mama lakukan untuk mempersiapkan anak saat akan ‘menginap’ di RS? Berikut beberapa tip dari Honey Shields, direktur bagian perawatan anak-anak di Beth Israel Medical Center, New York:

Tenang, Ma… Ambil napas panjang. Jika Anda terlihat khawatir dan cemas, anak akan ikut merasa takut.

Jelaskan apa yang akan ia lihat, dengar, dan rasakan. Misalnya, kamarnya yang berwarna putih, dokter dan suster yang akan datang memeriksanya setiap hari, tes laboratorium yang harus ia jalani, dan obat-obatan yang perlu ia minum.

Pilih-pilih ucapan Anda. Bila anak harus menjalani operasi/bedah, misalnya, jangan katakan “Perutmu akan dipotong.” Tapi, katakan “Perutmu akan dibuka.”  

Katakan padanya bahwa Anda akan selalu menemaninya. Hal ini penting untuk membuatnya tenang, Ma. Bawakan buku/film kesukaannya. Alihkan perhatiannya dengan hal-hal yang ia sukai.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia