Komposisi Bahan Makanan dalam Keripik

Aneka keripik renyah ‘kriuk-kriuk’ termasuk camilan favorit anak-anak. Cita rasanya gurih dan tersedia dalam berbagai kandungan bahan makanan. Apa saja?

* Pengemulsi Nabati:
Termasuk dalam kategori pengemulsi atau emulsifier. Merupakan BTP yang berfungsi untuk menyatukan dua atau lebih fase yang tidak tercampur, seperti fase air dan fase minyak. Pengemulsi bisa berasal dari bahan nabati, seperti lesitin (kedelai), karagenan, agar-agar, pati, hingga pektin, ataupun dari bahan hewani, seperti gelatin.

* Dekstrosa
Merupakan nama lain untuk glukosa dan bukan termasuk BTP. Dekstrosa digunakan sebagai ingredient untuk pemberi cita rasa manis.

* Pengatur keasaman asam sitrat
Disebut juga acidity regulator. Merupakan BTP dengan fungsi untuk mengasamkan, menetralkan dan/atau mempertahankan derajat keasaman produk. Asam sitrat digunakan dalam produk chips adalah untuk memberikan cita rasa asam.  Rasa manis asam merupakan kombinasi rasa yang melengkapi rasa gurih asin yang diinginkan untuk produk chips.

* Minyak kelapa sawit (mengandung antioksidan TBHQ)
Minyak kelapa sawit digunakan untuk menggoreng produk chips. TBHQ (tert-butylhydroquinone) merupakan jenis antioksidan yang dipakai dalam minyak goreng tersebut. Antioksidan (antioxidant) adalah BTP yang berfungsi mencegah atau menghambat terjadinya reaksi oksidasi atau ketengikan, yaitu reaksi kerusakan akibat minyak terekspos oksigen. TBHQ diperbolehkan untuk produk-produk sumber lemak (minyak, margarin, mentega), produk emulsi yang mengandung lemak kurang dari 80 persen, pasta dan mi pra-masak (mi instan yang sudah digoreng setengah matang), makanan ringan berbahan umbi, produk kacang. Batas maksimum penggunaannya pada pangan berbeda-beda.

* Monosodium glutamat (MSG)/Dinatrium inosinat &Dinatrium guanilat
Merupakan jenis flavor enhancer yang berfungsi mempertegas atau memodifikasi rasa dan/atau aroma yang telah ada dalam bahan pangan tersebut tanpa memberikan rasa dan/atau aroma tertentu terutama cita rasa kaldu daging/ayam. Ketiga jenis penguat rasa ini akan bekerja bersinergi dalm memberi rasa umami yang sempurna. Namun dinatrium inosinat dan dinatrium guanilat memiliki harga yang relatif lebih mahal daripada MSG.

* Pewarna makanan kuning FCF CI15985

Pewarna adalah BTP yang ketika ditambahkan mampu memberi atau memperbaiki warna pada produk pangan. Ada 2 jenis pewarna, pewarna alami dan pewarna sintetis. Pewarna alami (Natural food colour) adalah pewarna yang dibuat melalui dari tumbuhan, hewan, mineral atau sumber alami lain. Ada 15 jenis pewarna alami yang diizinkan BPOM. Sedangkan pewarna sintetis (Synthetic food colour) adalah pewarna yang diperoleh secara sintesis kimiawi. Jumlah yang diizinkan ada 11 jenis.

Kode CI merupakan kode internasional yang dipakai untuk pengkodean pewarna. Pewarna makanan kuning FCF CI15985 disebut juga sunset yellow FCF dan termasuk jenis pewarna sintetis.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia