Kriteria Sekolah Sehat dan Aman

Ada beberapa kriteria sekolah sehat dan aman untuk anak.

Kurikulum yang digunakan, lokasi, biaya, dan fasilitas adalah hal-hal utama yang menjadi pertimbangan Mama saat memilih sekolah untuk anak. Bagaimana pun Mama pasti berusaha agar anak mendapatkan pendidikan yang baik di lingkungan yang sehat dan aman. Berikut ini hal-hal yang sebaiknya juga Mama perhatikan:

- lalu lintas di sekitar sekolah dan akses ke lingkungan sekolah yang aman. Anak-anak berhak mendapatkan tempat yang aman untuk berjalan kaki dan mendapatkan pengawasan yang memadai saat berada di jalan. Jika sekolah berada di pinggir jalan raya atau jalan dengan lalu lintas ramai, pastikan tersedia trotoar. Akses masuk dan keluar lingkungan sekolah juga merupakan salah satu faktor yang patut menjadi pertimbangan. Jika siapa saja bisa masuk dan keluar dengan mudah tentu menimbulkan rasa tak nyaman. Padahal anak berhak dilindungi dari bahaya dan tindak kejahatan.

- kantin dan jajanan yang sehat. Keamanan jajanan anak di sekolah pasti juga menjadi salah satu kekhawatiran Anda, mengingat banyaknya jajanan yang menggunakan bahan pewarna berbahaya, bahan tambahan pangan yang berlebihan, dan juga kemungkinan tercemar kuman penyakit. Karena itu keberadaan kantin sehat yang menjual jajanan sehat di sekolah sangatlah penting.

- keamanan gedung sekolah saat keadaan darurat. Berada di negara yang rawan bencana alam, mau tak mau kita harus selalu siaga bencana. Sekolah yang aman adalah sekolah yang mampu melindungi para murid ketika bencana atau keadaan darurat terjadi.
 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia