Latih Anak Berkata “Aku Bisa”

Saat di TK, anak-anak selalu dibantu oleh para guru yang siap sedia mengantar anak ke kamar kecil ataupun menggantikan baju olahraga anak-anak. Namun, berbeda dengan di SD, dimana anak-anak harus bisa lebih mandiri dan orang tua juga tidak bisa setiap saat ada di samping anak.

Ketika masuk SD, beberapa anak, atau mungkin juga termasuk anak Mama, merasa kesulitan saat mulai melakukan hal-hal seperti pipis dan ganti baju sendiri. Anak-anak yang baru saja ‘dilepas’ merasa tidak bisa melakukan hal-hal tersebut tanpa bantuan orang dewasa. Selain itu, bagaimanapun guru SD tidak akan begitu perhatian seperti guru TK yang selalu menolong saat anak kesusahan. Jika murid kelas 1 SD mengalami hal seperti itu sebenarnya memang masih wajar, Ma. Tidak perlu dimarahi karena memang harus pelan-pelan untuk bisa membuat mereka mandiri dan siap ‘dilepas’.

Nah, Mama hanya perlu mengajarkan apa yang perlu ia lakukan apabila mengalami ‘kecelakaan’ seperti tadi. Sebelum hari pertamanya masuk SD, sempatkan untuk mengajaknya berkeliling sekolah dan menunjukan di mana kamar kecilnya. Ajari anak menggunakan kamar kecil dengan bersih. Di rumah, Mama juga bisa mulai membiasakannya memakai dan melepas bajunya sendiri, serta pipis dan pup sendiri, dari awal hingga selesai. 


Bantu juga anak untuk menemukan cara paling mudah dan nyaman untuk membersihkan dirinya. Tetap bantu anak jika ia kesusahan, namun Mama juga harus memacu dia untuk berusaha sendiri sampai ia mengatakan “Aku bisa!”

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia