Latih Anak Tingkatkan Ketrampilan

Ada beberapa hal yang dapat diterapkan di rumah untuk melatih anak empat ketrampilan yang dibutuhkan (Collaboration, Creativity, Communication, Critical Thinking), yaitu:

1.    Ketika anak bermain bersama, tawarkan satu set alat permainan untuk dipakai bersama, bukan sejumlah mainan yang sama untuk setiap orang. Misalnya saja, kakak dan adik menggambar menggunakan satu set krayon yang sama. Ini akan mendorong anak untuk berbagi, bergantian, dan mengasah ketrampilan sosial mereka.

2.    Ajak anak mencoba mengenal berbagai bahasa, termasuk bahasa daerah, menggunakan kalimat-kalimat sederhana seperti mengucapkan “terima kasih”, “halo”, atau “selamat ulang tahun”.

3.    Ajak anak menciptakan permainan sendiri dan membuat peraturan permainannya (tentu mama harus mengajak mereka berpikir tentang peraturan yang adil).

4.    Libatkan anak dalam memecahkan masalah-masalah sederhana dalam rumah tangga, dan memperbaiki benda-benda yang rusak.

5.    Dorong anak untuk berpartisipasi dalam keputusan keluarga dan puji usahanya untuk menyampaikan alasan sesuai dengan keadaan yang berbeda-beda.

6.    Dorong anak menceritakan pengalaman atau gagasannya dalam berbagai bentuk dan berbagai media.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia