Masa Inkubasi Cacar Air

Berapa lama masa inkubasi cacar air? Cacar air (chicken pox) adalah penyakit infeksi virus varisela yang diltularkan melalui udara dengan gejala demam disertai bercak berwarna merah muda yang segera berubah menjadi berisi air, dan berubah keruh serta menjadi keropeng dalam 24 jam dan menyerang seuruh tubuh. Masa inkubasi cacar air sekitar satu minggu.

Apa yg harus dilakukan jika anak terkena cacar air? Bolehkah anak tetap bersekolah? Biasanya anak akan diberi obat penurun demam sesuai kebutuhan, dan oleh karena sangat menular harus diisolasi, sehingga tidak dapat ke sekolah. Karena itu, begitu timbul gejala, anak harus segera dibawa ke dokter untuk memastikan diagnosis dan mendapatkan nasihat untuk cara isolasi pasien. Apabila mengalami kejang, tidak mau makan dan minum atau terkena komplikasi, anak harus dirawat.

Cacar air dapat dicegah dengan imunisasi. Agar anak tidak tertular cacar air, hindarkan anak dari kontak dengan penderita varisela dan bawa anak Anda ke dokter untuk segera divaksinasi. 

DR. dr. Hindra Irawan Satari, Sp.A(K), MTropPaed
Dokter Spesialis Anak, KonsultanPenyakit Infeksi dan Pediatri Tropis di Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI - RSCM

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia