Membesarkan Anak Suka Baca Buku

Kesukaan membaca memang perlu dipupuk sedari kecil. Meski buku cerita anak yang kaya gambar tetap menjadi pilihan utama, Anda bisa, lho, mengajak anak mengintip isi perpustakaan milik Mama dan Papa. Anak juga happy karena bisa berlagak membaca seperti anak besar.

Pilihan buku atau bacaan seperti apa yang bisa memupuk rasa suka anak terhadap membaca?

- Buku fiksi seperti serial Harry Potter, Eragon, dan sebagainya, bisa dijadikan pilihan karena cover-nya yang eye catching. Anda bisa menceritakan penggalan isi buku dan mengembangkannya dengan imajinasi
Anda sendiri.

- Buku nonfiksi juga bisa dipilih, Ma, terutama buku-buku pengantar mengenai berbagai tema, seperti serial 'dummies'—misalnya, Football for Dummies, Baking Cupcake for Dummies, dan sebagainya.

Selain berisi informasi yang menarik, buku-buku jenis ini juga dihiasi gambar ilustrasi sesuai temanya.

- Pilih yang familiar. Misalnya, jika Anda sering mengajak anak memasak di dapur, pilih-lah buku resep atau buku tentang serba-serbi makanan. Beritahu si kecil seperti apa bentuk asli buah cokelat yang biasa digunakan untuk membuat brownies dan olesan roti.

- Jika mungkin, carilah buku yang bisa sekaligus membantu mengatasi ketakutan-keta-kutan si kecil. Misalnya, jika dia takut pada suara petir, pilihlah buku ensiklopedia alam semesta yang menjelaskan mekanisme terjadinya petir. Sekali dayung, dua-tiga pulau bisa terlampaui, kan? Mama juga bisa memilih buku puisi, terutama yang tidak terlalu panjang dan bunyi sajaknya berima. Bacakan puisi tersebut untuk anak.

Dia pasti tertarik pada pengulangan bunyi yang ada di dalam syairnya, dan akan mulai mengasosiasikan bentuk huruf yang dilihat dengan kata-kata yang didengarnya tadi. Ini adalah landasan awal dari pelajaran membaca pertama untuknya.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia