Mengapa Anak Mengigau Saat Tidur?



Meski dalam keadaan terlelap dan mata terpejam rapat, terkadang anak suka berbicara sendiri dalam tidur alias mengigau. Igauannya bisa jelas, tetapi lebih sering lagi tidak jelas. Inilah yang terjadi pada Rafiz (4) beberapa hari terakhir ini. Apa yang terjadi dengannya? Mengapa anak bisa tiba-tiba suka mengigau?

Tak usah terlalu khawatir, Ma. Mengigau tidak selalu merupakan pertanda masalah yang serius. Penyebab anak mengigau bisa bermacam-macam, kadangkala bahkan hanya karena kondisi tubuh yang terlalu lelah akibat aktivitas yang berlebihan. Siapa tahu siang harinya ia terlalu heboh berlari-larian, atau bercanda agak berlebihan dengan teman bermainnya.  

Tapi, tidak ada salahnya Anda tetap mencari tahu, adakah masalah yang lebih serius daripada sekadar kelelahan. Apakah ia mendengar kisah menakutkan, atau menonton tayangan yang menyeramkan? Atau, adakah masalah lain yang menimbulkan kecemasan, seperti takut pada sekolah baru, atau tak nyaman pada lingkungan baru karena keluarga Anda baru saja pindah rumah? Bila igauannya bersumber dari kecemasan di atas, cobalah tip berikut:

  • Pastikan ia tidak terekspos lagi pada tayangan menakutkan atau mendengar kisah-kisah menyeramkan dari sekelilingnya. Tegurlah pengasuhnya agar melindungi dia dari hal-hal seperti itu.
  • Beri perhatian lebih bila ia memang sedang beradaptasi dengan sekolah baru atau lingkungan baru.
  • Hindarkan ia dari kegiatan-kegiatan melelahkan, terutama menjelang tidur.
  • Usahakan tidak ada perubahan besar yang terjadi dalam rutinitas hariannya menjelang tidur.
  • Perbanyak pelukan yang menenangkan agar ia tahu, Anda akan selalu ada untuknya, kapanpun ia membutuhkan Anda. 
Baca juga: Tip Tidur Aman Bersama Bayi


   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.