Mengupas Nutrisi Mangga

Buah yang manis ini berasal dari India, serta banyak sekali varietasnya, yaitu sekitar 2000 jenis di seluruh dunia. Dan ternyata, banyak manfaat mangga bagi tubuh, lho. Apa saja?

• Mengandung antioksidan
Mangga merupakan sumber beta karoten dan vitamin C yang tergolong dalam antioksidan. Antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas yang berasal dari lingkungan, seperti asap rokok, asap kendaraan atau radiasi sinar matahari, yang bisa menyebabkan kanker.

• Menjaga kesehatan gigi dan gusi
Selain berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C dalam mangga juga menjaga kesehatan pembuluh kapiler darah, gigi dan gusi. Ia membantu penyerapan zat besi dan bisa menghambat produksi natrosamin atau zat pemicu kanker. Vitamin C juga mampu membantu penyembuhan luka.

• Kaya akan vitamin C
Kandungan vitamin C mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian mangga masak yang bisa dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg, bahkan pada mangga muda kandungan vitamin C-nya hingga 65 mg. Pada mangga muda, zat patinya belum diubah menjadi gula sehingga lebih asam. Dengan mengonsumsi mangga ranum seberat 150 gram, kecukupan vitamin C yang dianjurkan per hari, yaitu 60 mg, bisa terpenuhi.

• Baik untuk pencernaan
Kandungan asam galat pada mangga baik untuk saluran pencernaan. Sedangkan kandungan riboflavinnya baik untuk kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.

Baca juga: Jenis Buah Terbaik Untuk Bayi

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia