Mulai bekerja

Anak Anda ditawari main sinetron? Atau diminta tetangga untuk membawa anjingnya jalan-jalan secara rutin dan mendapat upah? Itu semua bentuk dari pekerjaan, lho.
Anak seusia ini sudah mengenal nilai uang dan biasanya sangat senang jika mendapat kesempatan untuk memperoleh uang dengan usaha sendiri. Artinya, ia punya uang untuk mendapatkan apa yang dia inginkan tanpa perlu minta papa mama lagi. Tidak jarang idenya justru datang dari mereka sendiri seperti Indah, 11 tahun, yang meminta ibunya, Andra, di Cibubur untuk ’mempekerjakan’ dirinya agar ia bisa me-ngumpulkan uang untuk membeli tas yang ia idamkan. 

Bila Anda merasa hal itu tak masalah, Anda bisa membantu dengan cara:

  • Berikan tugas-tugas yang bisa ia lakukan di rumah, misalnya menggunting rumput atau membersihkan gudang sebulan sekali. Melakukan tugas semacam ini akan mengajarkan anak tentang nilai kerja dan tanggung jawab.
  • Beritahu teman dekat atau tetangga, Anda punya ’pegawai kecil’ yang bisa membantu jika mereka butuh bantuan. Misalnya, untuk membantu pelaksanaan pesta ulang tahun, dll.
  • Biarkan anak mencari jenis pekerjaan yang cocok baginya. Akan sangat baik jika anak dapat menggabungkan pekerjaan dengan kesenangannya. Misalnya, anak yang senang menggambar dapat menjadi kontributor untuk majalah anak dengan mengirimkan cerita pendek bergambar atau menjadi ball boy untuk anak yang suka menonton pertandingan sepak bola atau tenis.

PAR 0408

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia