Pelihara Ikan Latih Anak Tanggung Jawab

Anak sudah sering merayu Anda untuk membelikannya ikan untuk dipelihara? Meski masih ragu untuk mengiyakannya, aktivitas pelihara ikan layak dicoba anak, lho. Tahukah Ma, ternyata memelihara ikan dapat mengajarkan anak bertanggung jawab.

Ikan memang bisa menjadi kawan menyenangkan buat anak. Saat Anak memperhatikan ikan berenang bisa menjadi pengalaman yang tentram dan menenangkan, bahkan dikenal untuk mengurangi stres. Menjaga ikan bisa juga terhubung untuk membantu anak-anak menjadi lebih fokus, dan meraih peringkat lebih baik di sekolah dengan menjaga sebagai contoh kehidupan nyata untuk belajar mengenai ekosistem bawah laut.

Ikan merupakan “hewan peliharaan pertama” yang sempurna untuk berbagai alasan. Secara umum, ikan lebih mudah dan lebih murah untuk di beri makan dan diurus daripada hewan peliharaan lain. Walaupun ikan membutuhkan lingkungan yang baik untuk hidup, dan mengurusnya cukup mengambil waktu Anda, namun akan terasa lebih teratur daripada membawa hewan peliharaan lain ke dalam rumah untuk pertama kali, seperti anjing atau kucing.

Memelihara ikan akan mengajarkan anak-anak bahwa mereka dibutuhkan dan penting bagi seseorang yang lebih kecil dari mereka, menolong mereka, melihat dan menjaga yang lainnya dan untuk lebih baik.

Ketika memilih tipe ikan apa yang Anda inginkan, buat anak terlibat. Buat perjalanan ke perpustakaan atau mengadakan sedikit pencarian di internet untuk melihat ikan apa yang akan menjadi favorit anak.

Ikan mas merupakan jenis ikan yang bisa jadi pilihan untuk dipelihara, karena mereka bisa hidup untuk beberapa tahun dan dengan biaya yang sangat minim. Sangat penting untuk meluangkan waktu mencari dan mempelajari lingkungan yang baik tempat ikan akan tumbuh.

Dekorasi tangki dan ciptakan tempat spesial untuk ikan akan menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk dibagi kepada anak. Dari tanaman sampai ke bangkai kapal sampai ke latar belakang berwarna dan banyak lagi, Anda bisa ajak anak mendesain sendiri.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia