Penyebab Growing Pains pada Anak

Growing pains adalah sakit tanpa sebab yang biasa dialami oleh anak. Apa penyebab munculnya rasa sakit pada serangan growing pains?

Jawabannya, menurut dokter anak, dr. Narulita, SpA masih belum diketahui secara pasti hingga saat ini. “Pasalnya, sangat sedikit penelitian yang telah dilakukan untuk menjelaskan etiologi dan patogenesis sindroma gangguan ini. Aktivitas fisik berlebihan di siang hari, seperti berlari, memanjat, melompat, serta olahraga yang sering kali diduga sebagai penyebab growing pains, juga belum terbukti kebenarannya secara ilmiah,” jelasnya.

Walau belum ada kesimpulan secara pasti mengenai apa yang memicu timbulnya rasa sakit, selama ini telah beredar sejumlah teori yang mencoba menjelaskan asal-usul terjadinya growing pains. Beberapa di antara teori tersebut menjelaskan bahwa growing pains terjadi akibat postur tubuh yang salah. Teori lain menyatakan kalau penyebabnya adalah gangguan aliran pembuluh darah, kelelahan, atau pun penyebab psikologis.

Sebuah penelitian yang menyatakan, terjadinya growing pains terkait dengan penurunan ambang nyeri pada diri anak. Apa artinya? Tingkat sensitivitas anak dalam menangkap rasa nyeri terbilang lebih tinggi dibandingkan anak-anak lain sebayanya. Penelitian terakhir bahkan menyebutkan bahwa kondisi alergi sangat berperan dalam memicu terjadinya growing pains.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia