Persiapan Memasak Bersama Anak

Anak Anda tiba-tiba berambisi menjadi seorang koki ? Jangan anggap enteng lho, Ma. Siapa tahu ia memang memiliki bakat. Nah, beberapa hal ini perlu dipersiapkan sebelum mengajak ia memasak bersama Anda. 


- Busana tepat. Berhubung kemungkinan untuk mengotori pakaian amat besar, mintalah anakmenggunakan apron atau baju lama yang sudah hampir turun kelas menjadi kain lap. Ja-ngan kenakan baju longgar, karena berisiko menyambar benda-benda di sekelilingnya, termasuk tersambar api kompor.


- Pilih resep mudah. Untuk pertama kali, pilihlah jenis masakan yang mudah disiapkan dan ’antigagal’, seperti telur rebus atau roti bakar lapis keju. Kesuksesan membuatnya adalah prestasi yang akan membakar semangatnya untuk memasak lagi di lain waktu. Tambah tingkat kesulitannya seiring waktu dan kemampuan anak Anda. Berikan pujian, seperti apa pun hasil masakannya.


- Batasi ruang gerak. Berikan batasan mengenai jenis aktivitas yang boleh dilakukannya saat memasak. Misalnya, menyalakan kompor dan membuka oven panas adalah tugas Anda, sementara anak diizinkan menimbang bahan-bahan, mengaduk adonan kue, dan mengoleskan mentega pada loyang. Seiring bertambahnya pengalaman dan usia, Anda bisa memberi tugas yang lebih sulit, termasuk yang berurusan dengan kompor.

- Buat proyek kecil mingguan. Jadikan memasak sebagai acara khusus ibu dan anak yang selalu dinantikan olehnya. Izinkan anak memilih sendiri masakan yang ingin dibuatnya di akhir pekan nanti.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia