Saat Anak Senang Ikut Kontes

Mengapa anak-anak bisa senang sekali ikut berbagai kontes? “Mereka ingin menunjukkan individualitasnya, dan menerima pengakuan atas pencapaian mereka,” kata pakar perkembangan anak, Joy Daugherty, dari Banner Thunderbird Medical Center di Glendale, AZ. Inilah cara membantu anak:


Dukung kemampuannya Pastikan ia memahami bahwa ia perlu minta izin Anda sebelum ikut acara seperti itu. Bekerjasamalah untuk memilih kontes yang mendukung bakat dan cita-citanya. Apakah ia seorang fotografer pemula? Jagoan komputer? Ikutkan kontes yang mengembangkan keahliannya.


Pelajari bersama Perlihatkan pada anak Anda, bagaimana membaca/memahami pengumuman tentang kontes itu secara benar, mengerti aturan-aturannya, menelepon nomor-nomor tertentu, atau mengunjungi website tertentu untuk memastikan bahwa kontes itu sah dan aman.


Jangan fokus pada hadiah Bantu ia memfokuskan diri untuk melakukan yang terbaik dan bersenang-senang, bukan hanya sekadar menang. Sesudah kontes, sediakan waktu untuk mengidentifikasi celah-celah menuju kemenangan. Diskusikan betapa setiap orang punya ide yang unik dan menarik. Ingatkan anak bahwa Anda bangga akan usahanya.


Lihat peluang untuk menang Tunjukkan pada anak, kesempatan untuk bisa menjadi pemenang. Idealnya, ini ada penjelasannya pada panduan mengikuti lomba.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia