Saat Anak Tak Diterima di Sekolah Pilihan

Anak Anda kecewa akibat tak diterima di sekolah favorit? Jangan biarkan berlarut-larut ya, Ma. Bantu untuk memotivasinya agar tetap semangat belajar, sekalipun tidak belajar di sekolah impian.


- Bantu ia melihat kelebihan sekolah barunya. Kekecewaan yang ia rasakan mungkin akan membuatnya agak apatis dengan sekolah barunya. Padahal, mungkin saja sekolah barunya tersebut mempunyai fasilitas olahraga yang lebih lengkap dan canggih, guru-gurunya sangat cool, serta teman-temannya oke dan menyenangkan


- Tetap beri semangat. Bersekolah di mana pun sebenarnya sama saja kok, selama ia tetap bisa belajar dengan baik. Pantau terus pencapaian akademisnya dari waktu ke waktu, dan dorong anak untuk meraih prestasi yang terbaik. Bagaimana pun, prestasi yang paling baik di sekolah barunya akan membuat anak lebih bersemangat lagi untuk bersekolah. Jadi? Jangan pernah bosan membesarkan hatinya, ya.


- Berikan tambahan tanggung jawab. Misalnya, biarkan anak Anda ikut merawat tanaman favorit Anda di teras belakang rumah, atau memberi makan ikan koi favorit papa. Atau, ia mungkin ingin ikut les Manga, les biola, atau les yang lain? Yang pasti, tambahan kesibukan di luar sekolah akan segera mengalihkan perhatian dan membuatnya tak hanya fokus pada sekolahnya saja.


Cara-cara ini mungkin tak akan membuatnya secara instan langsung melupakan rasa kecewanya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, ia akan memiliki teman-teman baru, melupakan rasa kecewanya, serta beradaptasi dengan sekolah barunya. 


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia