Sebelum Teman Anak Main ke Rumah

Anak berencana ajak teman-temannya main ke rumah, apa yang harus Mama lakukan?

- Ajak anak bicara untuk menentukan permainan apa yang akan ia lakukan bersama temannya nanti. Jelaskan padanya, bahwa saat teman datang, artinya ia harus rela berbagi mainan dengan teman-temannya.

Punya boneka atau robot mainan kesayangan? Membiarkan temannya untuk memainkannya mungkin masih berat untuk anak yang masih terlalu kecil. Bantu ia untuk menyimpan mainan kesayangannya di lemari atau kamar Anda dulu.

- Kurangi frekuensi bermain video games. Tujuan dari playdate adalah agar anak bersosialisasi dan berkomunikasi. Nah, kemampuan ini akan kurang terasah bila anak malah sibuk menekan joystick games atau layar tablet mama.

Simpan perangkat elekronik yang berisi games untuk sesaat, dan bantu anak merancang permainan yang memungkinkan ia dan temannya bisa berbincang sambil bermain. Misalnya, board games, seperti ular tangga, ludo, halma atau monopoli.

- Rancang juga waktu rehat. Bahkan bermain pun butuh istirahat, Ma. Isilah istirahat dengan kegiatan yang bisa mengajak mereka lebih tenang, seperti membaca buku atau bermain puzzle sambil menikmati camilan sehat dari Anda.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia