Selamatkan Anak dari Efek Buruk Perceraian

Tak mudah menjelaskan tentang konsep perceraian pada anak. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan masalah ini dengan alasan bahwa anak masih kecil dan tak perlu tahu tentang perpisahan mama dan papanya.

Coba bimbing anak untuk melalui masa-masa sulit ini supaya perceraian tidak berdampak buruk padanya di kemudian hari. Agar tidak salah langkah, cara-cara berikut ini bisa jadi panduan untuk membantu anak Anda memahami proses perceraian:

- Usahakan menjelaskan semua yang terjadi dengan singkat dan jelas. Seringkali anak-anak lebih mudah memahami gambar atau foto daripada mendengarkan kata-kata. Jadi tak ada salahnya jika Anda memperlihatkan gambar anak yang sedang bermain hanya bersama mama atau papanya. Katakan bahwa seperti itulah kira-kira gambaran situasi yang akan dihadapinya.

- Bersedih pasca-perpisahan adalah hal sangat wajar. Tapi buatlah agar kesedihan Anda tidak ikut dirasakan atau didengar si kecil. Jika ia bertanya, hindari berkeluh kesah padanya. Cukup katakan padanya bahwa Anda merindukan papanya, tapi Anda akan baik-baik saja.

- Jaga agar keseharian si kecil tetap seperti semula. Hal ini akan membuatnya makin yakin bahwa banyak hal baik dalam hidupnya yang akan tetap sama meski mama dan papanya berpisah.

- Katakan juga dengan jelas bahwa Anda dan papanya tetap mencintainya.



 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia