Sembelit, Mimisan, dan Alergi Kulit, Penyakit Keturunan?

Menurut Purnamawati S. Pujiarto, Sp. A (K), MMPed, yang akrab disapa dr. Wati, tidak ada yang tahu apakah sembelit merupakan suatu kelainan yang diturunkan. Yang pasti, sembelit sangat erat kaitnya dengan pola hidup. Ya, ‘biang keladi’ sembelit adalah pola makanan rendah serat, kurangnya aktivitas fisik (lebih banyak duduk di kelas, depan komputer atau depan televisi), serta kurang minum.


Penyebab lainnya berupa obat-obatan tertentu, manula, dan ibu hamil. Menurut saya, kedua anak Anda sembelit karena mungkin ada pola hidup dalam keluarga yang perlu ditinjau dan ditata ulang. Misalnya, apakah mereka mengonsumsi banyak sayur mayur dan buah-buahan, rajin minum,  berolahraga, dan seterusnya.


Sedangkan, mimisan adalah suatu kondisi yang kerap ditemukan pada anak. Memang sih, Anda jadi super cemas melihatnya. Meski begitu, umumnya bukan merupakan gangguan kesehatan yang membahayakan.


Bagaimana dengan alergi? Ini adalah reaksi tubuh terhadap beberapa hal yang sebenarnya tidak membahayakan (misalnya pada tungau rumah, debu, serbuk bunga, makanan, dan obat). Seolah-olah saja benda tersebut merupakan ancaman yang membahayakan. Nah,  alergi bisa digolongkan sebagai salah penyakit keturunan dan bentuknya bisa macam-macam. Kebetulan saja, bentuk alergi anak di kulit. Coba cermati apa saja pencetus alerginya. Setelah diketahui secara pasti, hindari pencetus tersebut bila memang memungkinkan.

 





Video

Lindungi Anak dari Kejahatan Pedofilia


Polling

Sembelit, Mimisan, dan Alergi Kulit, Penyakit Keturunan?

Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia