Sesuaikah Program Sekolah untuk Anak?

Tak peduli sebagus dan secanggih apapun program dan kebijakan yang diterapkan oleh prasekolah, itu semua tak akan berguna jika program dan kebijakan tersebut tidak cocok dengan kebutuhan anak.

Misalnya bila anak termasuk anak yang pemalu, ia pasti tak akan nyaman bila harus berada di kelas yang berisi 20 anak. Atau bila si kecil termasuk anak yang penjijik, tak suka kotor-kotoran, Anda tentu tak akan memilih sekolah alam yang menghabiskan sebagian besar waktu belajarnya di luar ruangan.
 
Untuk mengetahui apakah anak cocok dengan sekolah pilihan Anda, ia tentu harus mencobanya dulu. Jadi, jangan pernah menolak kesempatan untuk mengikuti trial class, Ma. Inilah kesempatan untuk mengetahui apakah anak merasa nyaman dan cocok dengan sekolah ini. Beberapa sekolah, bahkan ada yang mengizinkan orang tua untuk ikut ‘mengawasi’ ketika anak mengikuti trial class (tentu saja dari luar kelas, ya!).

Selain memperhatikan adaptasi anak di kelas, jangan lupa juga untuk memperhatikan bagaimana guru kelas berinteraksi dengan anak Anda dan murid-muridnya yang lain. Gunakan intuisi mama dalam hal ini, apakah Anda yakin inilah sekolah terbaik untuk anak?

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia