Tahapan Pertumbuhan Gigi Anak

Umumnya, gigi si kecil akan tumbuh per pasang, dimulai ketika usianya mencapai 6 bulan. Inilah timeline pertumbuhan gigi si kecil:

6 – 9 bulan: gigi seri bawah dan atas tengah (jumlah gigi 4 buah).
10 – 12 bulan: gigi seri bawah dan atas di samping keempat gigi yang sudah lebih dulu tumbuh (jumlah gigi 8 buah).
12 - 16 bulan: gigi geraham pertama atas dan bawah (jumlah gigi 12 buah)
16 - 20 bulan: gigi taring kanan dan kiri (jumlah gigi 16 buah).
24 bulan: gigi geraham kedua (jumlah gigi 20 buah).
2 – 4 tahun: gigi susu tumbuh lengkap, dan si kecil mulai belajar menyikat gigi sendiri (Anda membantu dan mengawasinya).
5 – 7 tahun: gigi susu mulai tanggal dan digantikan gigi tetap.
>8 tahun: gigi tetap mulai tumbuh lengkap dengan ukuran yang berbeda dengan gigi susu, serta terdapat jarak/rongga antar gigi.

    Nah, kini tugas Anda untuk memastikan kesehatan gigi si kecil. Perawatan giginya harus sudah dimulai sejak gigi pertamanya tumbuh. Gunakan produk oral care yang khusus untuk anak seperti Kodomo tooth paste dan Kodomo tooth brush. Ada 4 varian rasa untuk tooth paste regular, yaitu strawberry, orange, grape dan fruity mix. Selain mengandung fluoride dan xylitol, efektif juga untuk remineralisasi gigi dan mencegah gigi berlubang sekaligus menjaga kesehatan gusi. Sedangkan tooth brush memiliki 2 varian, yaitu soft zig-zag dan soft regular yang berbeda bentuk di bagian ujung bulu sikat. Tapi keduanya sama-sama memiliki bulu halus yang efektif membersihkan gigi dari sisa makanan.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia