Trik Agar Anak Mau Makan Buah

Kemasan buah dan sayuran yang menarik bisa membuat selera anak makan buah lebih besar.


Hal ini, dibuktikan oleh Peneliti The Archives of Pediatric and Adolescent Medicine, Amerika Serikat, yang menemukan, buah dan sayuran yang ditempel dengan stiker karakter kartun bisa membuat anak tertarik mengambil makanan ini. Bahkan, dengan stiker karakter kartun ini anak bisa lebih memilih buah dan sayuran dibandingkan biskuit atau snack lainnya.


Dalam studi tersebut, peneliti menawarkan kue dan apel pada 208 anak sekolah usia 8-11 tahun. Eksperimen tersebut dilakukan selama seminggu setiap harinya saat jadwal makan siang di sekolah. 


Anak-anak  tersebut boleh memilih apel, biskuit, atau dua-duanya. Selain snack, mereka juga disajikan makanan normal yang biasa mereka konsumsi pada siang hari. 


Penyajian snack tersebut berbeda setiap harinya. Misalnya, sehari apel yang ditawarkan tanpa stiker karakter kartun atau merek lainnya. Hari berikutnya, salah satu di antara kue ataupun apel diberi karakter kartun terkenal.


Ketika apel tidak diberi stiker karakter kartun, 91 persen anak akan lebih memilih kue dan hanya 1 persen lebih yang mengambil apel. Tapi, ketika stiker Elmo ditempel di apel, 37 persen anak mengambil apel.


Sayangnya, penggunaan stiker karakter kartun yang ditempel di berbagai sayuran seperti wortel dan apel tidak sebanyak camilan dalam kemasan. Kebanyakan karakter kartun tersebut lebih banyak digunakan oleh makanan-makanan ringan yang minim kandungan nutrisinya. 


Berniat mencoba menempelkan stiker karakter favorit anak di buah dan sayuran, Ma? (Penulis: Cheryl Pricilla Bensa/foto: dok. Feminagroup)


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia