Trik Ajarkan Anak IPA dan IPS

Beberapa tip ini akan memudahkan anak Anda belajar IPA dan IPS.

- Cara kuno. Kartu belajar masih jadi cara ampuh untuk membantu anak-anak lebih mudah mengingat konsep-konsep yang rumit. Shelley Walker, seorang mama dari Los Angeles, AS biasa meminta Lauren, anaknya menuliskan kata kunci atau sebuah konsep di atas kartu indeks berwarna dan menuliskan definisinya di balik kartu. Setelah Lauren mempelajari kartu-kartu tersebut, mamanya akan mengujinya. Lauren ‘memenangkan’ kartu yang berhasil ia jawab, sedangkan mama ‘memenangkan’ kartu yang gagal dijawab Lauren. Tujuan permainan adalah Lauren berhasil memenangkan semua kartu.

-

Gunakan jembatan keledai, yaitu cara untuk membuat hafalan menjadi mudah diingat.
Masih ingat MeJiKuHiBiNiU? Singkatan tersebut memudahkan kita menghapal urutan warna pelangi. Bersama anak, cobalah menciptakan singkatan-singkatan atau kata-kata lucu untuk membantu ia menghapal nama-nama planet dalam tatasurya, peristiwa sejarah, rumus dan apa saja dalam materi pelajarannya yang harus dihafal.  Bisa juga mencarinya di internet, seperti:

Planet dalam tatasurya: MerVeBum MarJuSaUN (Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus)

4 Perundingan besar pengakuan kedaulatan Indonesia: LiRRiK (Linggarjati, Renville, Roem-Royen, Konferensi
meja bundar)

Satuan panjang: Kucing Hitam Dalam Mobil Desi Centil Mondar-mandir (Km, Hm, Dam, M, Dm, Cm, Mm)


- Tampilkan sisi artistik. Michael Geisen sang guru IPA membiasakan murid-muridnya membuat diagram sederhana untuk konsep atau proses ilmiah yang rumit seperti siklus penguapan air. Gambar-gambar konyol juga bisa membantu, misalnya untuk mengingat arti dominan dan resesif murid menggambar anjing besar menggonggong kepada anjing kecil, anjing besar diberi nama Domi, dan anjing kecil Resi.


- Lagukan. “Irama dan nada membuat sesuatu lebih mudah diingat, termasuk pelajaran,” ujar Richard Bavaria. Jadi boleh juga Anda sarankan kepada anak untuk mengganti lirik lagu populer dengan teks yang harus ia hafalkan. 


- Jelajahi dunia maya. Anak-anak umumnya suka bermain games di komputer. Biarkan ia mengerjakan soal-soal pelajaran sekolah dalam permainan online. Keuntungan lainnya, pada online games, skor akan langsung muncul begitu game over. Kalau nilainya rendah, anak akan segera sadar ia perlu lebih banyak belajar.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia