Trik Hadapi Anak Suka Berkelit

Mama bingung kenapa anak sekecil itu bisa pintar ngeles. Padahal Mama melihat sendiri kejadiannya. Dari barang yang ia berantaki sampai pecah belah dialah dalangnya, tapi seringnya ia malah ngeles dan menyalahkan orang lain.

Ketika anak merasa menang dan mendapat perhatian Anda ia akan termotivasi untuk kembali berbohong. Mulailah dari diri Anda sendiri dan belajar untuk tenang ketika menghadapi ulahnya.

Berikut ini ada trik hadapi anak suka ngeles.

· Jangan biarkan dia lepas tanggungjawab meski ia merayu Anda dengan sangat manis.

· "Anda harus membiarkan anak tahu bahwa Anda tidak akan memberi toleransi pada siapapun yang berbohong," ujar Lichtman. Katakan padanya untuk tidak selalu menyalahkan dan melempar tanggungjawab pada orang lain, atau akan ada konsekuensi yang akan diterimanya. Seperti misalnya menyuruh untuk membereskan semua mainan itu sendiri karena ia telah berbohong.

· Perhatikan reaksi Anda sendiri ketika menemukan anak menyalahkan orang lain padahal Anda tahu yang sebenarnya. Jika yang terjadi adalah Anda langsung berteriak memarahinya, secara tidak langsung Anda telah membiarkannya untuk mengulang kejadian serupa suatu saat nanti.

· "Ketika Anak akan merasa menang dan mendapat perhatian Anda ia akan termotivasi untuk kembali berbohong," ujar Lichtman. Mulailah dari diri Anda sendiri dan belajar untuk tenang ketika menghadapi ulahnya. Bukan hal yang mudah, tapi akan memberikan hasil sesuai dengan yang Anda harapkan. (Foto: dok. Feminagroup.)

 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia