Ubah Kebiasaan Menyogok Anak

James (4) yang saat itu berusia tiga tahun sangat susah makan. Jadi, suatu hari aku iming-imingi dia kue manis kesukaannya bila dia mau menghabiskan makanan di piringnya. Benar saja, makanannya cepat habis. Tapi sejak itu, Namun, James selalu meminta ‘imbalan’ atas apapun yang kita minta ia lakukan,” keluh Liesye


Cara yang lebih baik: Sebaiknya kita menjauhkan niat menyogok anak hanya agar kita bisa melakukan hal-hal yang kita sukai – berbelanja kebutuhan dapur dengan santai atau menonton serial kesayangan di televisi. Para ahli berpendapat bahwa cara yang lebih baik adalah dengan memberi pujian pada perilaku positif yang dilakukan anak.


Jadi, daripada Anda berkata “Kalau kamu nggak nakal di rumah nenek hari ini, Mama akan membelikanmu mainan”, cobalah dengan, “Mama sangat bangga kamu sudah bisa duduk manis saat makan malam di rumah nenek tadi.”


Jangan anggap remeh pentingnya rasa menyesal. “Mengatakan ‘Mama benar-benar sedih karena kamu merusak hadiah yang Papa kasih untuk Mama’ akan membuat anak benar-benar menyesali perbuatannya,” tutur Maslin. Anda mungkin akan merasa menjadi orangtua yang jahat pada saat itu, namun sebenarnya Anda justru membantu anak membentuk hati nuraninya. 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia