Yang Dipelajari Anak di Kelas 4 Sekolah Dasar

Ma, kira-kira inilah yang anak Anda pelajari saat duduk di kelas 4 SD.

Apa yang diharapkan: Perubahan besar ada di tahun ini! Ia tak lagi perlu dibujuk dan ditunggui untuk belajar membaca dengan lancar. Ia sudah dalam tahap membaca buku untuk mengetahui fakta baru! Anak harus bisa membaca dengan baik (dan cepat!). Akan banyak tugas yang memerlukan waktu panjang, misalnya meneliti objek dan melihat perkembangannya.  

- Perkalian dan pembagian merambah ke bilangan dalam jumlah besar. Konsep alam semesta yang luas mulai dikenalkan, sehingga kemampuan abstraknya juga mulai diasah.

- Guru akan mengarahkan anak untuk membuat esai. Sebab dalam ujian nanti, mengarang akan menjadi salah satu penilaian yang mempunyai porsi besar. Bantu dia mempertajam daya ingat dengan permainan berlatih kata seperti Scrabble.

Jangan terkejut jika... Anak harus bekerja lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya. Kelas empat adalah tahun yang berat, baik dari segi akademis maupun dalam pergaulan. Akan mulai terbentuk ‘geng’ dan akan muncul anak-anak ‘keren’ yang terkesan menguasai pergaulan. Mau tidak mau, hal ini akan berpengaruh pada emosi dan energi anak.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia