Yang Dipelajari Anak Kelas 1 Sekolah Dasar

Ini yang anak pelajari di kelas 1 SD.

Apa yang diharapkan: Dalam kelas bahasa, anak belajar membuat, mengenal, dan menulis suku kata, kalimat, dan paragraf. Juga belajar untuk membaca lebih lancar dan mulai membaca buku dengan beberapa bab. Untuk pelajaran matematika, akan akan belajar penambahan dan pengurangan, membaca jam dan menghitung uang serta konsep perbandingan “lebih besar” dan “lebih kecil”.

Mulai akan ada pekerjaan rumah dan tugas sekolah. Ajak anak untuk selalu mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. Guru mulai membagi murid berdasarkan kemampuannya, sehingga mungkin di tahun pertama akan ada tekanan dari guru pada kelompok yang masih kurang lancar membaca/menulis serta mengerjakan soal matematika yang mudah. 

Jangan terkejut jika... Anak kesulitan mengerjakan tugas. Pada usia ini, anak senang mengerjakan tugas-tugasnya. Namun mereka tidak terlalu senang menyelesaikannya. Seperti yang dialami oleh Maya Sari Dewi. Anaknya, Callista Azalia Marveli yang duduk di kelas 1 SD sering mengobrol dengan temannya di dalam kelas. Berbagai cara sudah dicoba, tetapi tetap saja Callista susah untuk duduk diam.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia