2 Hal yang Bikin Tidur Anak Lebih Nyenyak

Tak semua anak bisa tidur lelap dengan mudah. Beberapa anak, entah karena faktor kebiasaan, kondisi kesehatan, atau faktor lainnya, kerap terjaga di malam hari. Nah, dua penelitian yang diterbitkan dalam Occupational Therapy berikut mungkin bisa membantu Anda yang kerap bermasalah dengan tidur si kecil.

Selimut tebal. Dikatakan para peneliti, selimut berbahan dingin dan tebal dapat membantu seseorang menuju alam mimpi lebih cepat. Studi lain yang diterbitkan Australasian Psychiatry juga menegaskan hal yang sama bahwa selimut tebal bisa membantu anak dengan gangguan kecemasan, ADHD, dan autisme untuk tidur lebih cepat. Alasannya, selimut dengan bobot tertentu dapat menghadirkan sensasi pelukan, sehingga secara psikologis si kecil menjadi lebih tenang dan mudah tertidur.

Kaus kaki. Selain selimut tebal, memakai kaus kaki saat tidur juga dapat membuat tidur lebih nyenyak. National Sleep Foundation (NSF) memberikan alasan logis mengenai hal ini. Dikatakan, kehangatan kaus kaki pada kaki akan mengirim sinyal ke otak bahwa itu waktu beristirahat. Menurut NSF, pembuluh darah di kaki mulai membesar (alias membuka) dalam proses yang disebut vasodilatasi, yang kemudian membantu mendistribusikan panas ke seluruh tubuh dan membuat si kecil siap tidur.

Anda mau mencoba 2 hal tersebut untuk membuat tidur si kecil lebih lelap? Jangan lupa memastikan suhu ruangan di kamar tidur memang mendukung untuk mengenakan selimut tebal dan kaus kaki, ya.

Baca juga: Rentang Waktu Ideal Anak Tidur Siang & Malam


Foto: 123rf