8 Langkah Lindungi Anak dari Flu di Musim Pancaroba


Bila sudah memasuki musim pancaroba seperti ini, anak-anak sudah pasti menjadi target incaran virus influenza. Apalagi kalau teman-temannya sudah mengalami flu. Aduh, semakin cemas, ya, Ma.
 
Menurut US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), anak-anak di bawah usia 5 tahun termasuk kelompok yang berpotensi tinggi mengalami flu musiman. Ini memang penyakit yang tidak berbahaya dan umum terjadi pada anak-anak. Namun, begitu flu, tubuh anak-anak akan lemas dan susah makan. Alhasil berat badan mereka bisa merosot.
 
Untuk melindungi anak dari flu di musim pancaroba seperti ini, yang perlu Mama lakukan adalah:
 
1. Berikan Makanan Bernutrisi
Penuhi kebutuhan nutrisinya untuk menjaga agar anak tetap fit. Berikan makanan dengan komposisi sehat seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, serta sayur, dan buah. Ini dapat menjaga imunitas tubuhnya.
 
2. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Buah
Buah-buahan merupakan salah satu sumber makanan terbaik dalam menjaga daya tahan tubuh anak karena mengandung banyak air dan vitamin. Pilihlah buah yang kaya kandungan vitamin C dan antioksidan seperti jeruk, kiwi, atau mangga.
 
3. Penuhi Kebutuhan Cairan
Jangan hanya karena hujan sudah mulai datang dan cuaca tidak lagi gerah, anak jadi mengesampingkan rasa haus. Pastikan anak Anda mendapatkan cukup cairan, yakni 2 liter dalam sehari. Bisa dari air putih dan buah-buahan.
 
4. Menjaga Kebersihan
Pastikan ia selalu menjaga kebersihan. Ajarkan si kecil untuk selalu mencuci tangan sehabis buang air, mau makan, dan selesai makan, atau sehabis bermain di luar. Cuci tangan terbukti ampuh untuk mematikan pertumbuhan kuman dan bakteri di tangan.
 
5. Aktivitas Fisik yang Cukup
Hujan tiba juga bukan berarti membuat aktivitas fisik si kecil menurun. Anda tetap bisa mengontrol aktivtas fisiknya dengan mengajaknya pemanasan ringan di rumah, menari acak, atau main lompat tali.
 
6. Perlindungan Masker
Saat mengajak si kecil keluar dan berada di lingkungan yang sudah ketahuan ada yang terkena flu, biasakan ia menggunakan masker. Pilih masker bergambar lucu agar si kecil pun tertarik memakainya.
 
7. Irisan Bawang Merah
Letakkan irisan bawang merah di sudut-sudut ruangan. Bawang merah dapat membantu menyerap virus dan menetralisir udara. Ganti irisan bawang merah setiap kali layu.
 
8. Gunakan Essential Oil
Essential oil juga dapat Anda gunakan untuk menjaga imun anak agar tidak mudah terserang penyakit. Salah satu essential oil yang dapat Anda pilih adalah thieves yang merupakan campuran dari lemon, kayu manis, kayu putih, rosemary, serta cengkeh. Anda dapat mengoleskannya langsung dan dicampurkan dengan carrier seperti minyak kelapa atau menggunakannya sebagai aromaterapi dengan diffuser.
 

Baca juga:
Tetap Tenang Saat Anak Sakit Flu
Beda Pilek dan Influenza
Perlukah Anak Vaksinasi Flu?
Cegah Penularan Virus Influenza
Cegah Flu pada Bayi
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: FREEPIK
 
 

 

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia