8 Seafood yang Aman untuk Anak




IKAN LAUT
Selain telur, ikan mengandung sumber protein yang baik, terutama untuk anak-anak. Ada banyak jenis ikan laut yang bernutrisi dan baik dikonsumsi. Selain harganya relatif murah, ikan laut memiliki tekstur yang lebih lembut dan gurih rasanya. Beragam jenis ikan laut dapat Anda olah menjadi aneka hidangan yang mengugah selera makan anak. Hindari memberi ikan mentah, seperti sushi tuna dan salmon mentah. Ikan mentah bisa terkontaminasi bakteri yang tidak mati, bahan kimia, termasuk merkuri.

Manfaat
Aneka ikan mengandung protein berkualitas tinggi dan asam lemak omega-3. Pada jenis ikan tertentu, terkadung nilai gizi yang berbeda, seperti ikan sarden yang mengandung banyak kalsium, ikan kod yang rendah kandungan lemaknya, dan ikan salmon mengandung asam lemak omega-3, DHA-nya tinggi, iodine, protein, selenium, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin D, serta vitamin B12.

Kapan boleh dimakan? Sejak usia 6-9 bulan. Namun, pastikan anak tidak memiliki riwayat alergi.

CUMI
Teksturnya yang kenyal membuat cumi jadi salah satu makanan laut favorit. Anda bisa mengolah cumi menjadi aneka masakan, seperti cumi bakar, cumi goreng tepung, cumi saus tiram, dan cumi asam manis. Jika Anda ingin memasak dalam waktu singkat untuk si kecil, sebaiknya pilih cumi berukuran kecil. Pilih cumi berumur muda yang berkulit putih dengan bercak cokelat kemerahan dan tidak ada robekan.

Manfaat
Cumi kaya akan mineral dan gizi. Kandungannya juga meliputi protein, vitamin, dan omega-3 yang menjadi khas gizi hewan laut. Omega-3 sarat DHA yang membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu, cumi juga mengandung fosfor, seng, dan magnesium yang bermanfaat untuk pembentukan dan memperkuat susunan sel-sel tulang yang kurang padat dengan memicu pembentukan sel-sel baru pengganti sel.

Kapan boleh dimakan? Pastikan untuk anak usia 1 tahun atau lebih, apalagi jika keluarga memiliki riwayat alergi. Sajikan dalam potongan yang lebih kecil supaya mudah dicerna oleh si kecil.

Baca juga: Gejala Alergi Seafood pada Anak

 


Topic

#menusehatkeluarga #nutrisi

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia