Agar Anak Lancar Bicara

Apa yang dapat Anda lakukan agar anak lancar berbicara? Ini empat saran untuk anak Anda.


Untuk si buah cinta, ada empat saran yang bisa Anda jalankan:


• 
Guru “terapi bicara” terbaik untuk anak adalah Anda, orang tuanya. 


• 
Lakukan stimulasi dalam keseharian, sehingga anak tidak merasa ada yang salah dengan dirinya. Perlu diingat, anak usia 2 tahun sangat tertarik pada sesuatu yang baru, gemar bereksperimen, dan mudah bosan. Jadi, be creative is must. Kembangkan strategi variatif melalui pola bermain yang menyenangkan yang menarik dan tidak membosankan (metode belajar yang paling sip bagi anak adalah bermain). 


• 
Integrasikan stimulasi verbal dengan stimulasi motorik dan sensorik serta psikoemosional. Ribet ya? Untuk gampangnya begini. Misalnya, ajak anak bermain mengendap-endap seperti kucing sambil mengeong, atau melompat ala harimau sambil mengaum. Bacakan buku dengan suara, mimik, dan perasaan. Putar lagu anak-anak sambil menari dan melompat-lompat. Ambil kertas gambar besar, kuas atau crayon, lalu gambar bola warna warni sambil mengulang-ulang namanya. Pokoknya, ada banyak jalan menuju Roma untuk merangsang kemampuan berbicara anak tercinta. 


• 
Beri waktu pada anak . Percayalah, pada saatnya, dia tidak akan berhenti bicara dan bertanya. Bisa jadi, Anda dan suami yang nantinya malah kewalahan. 

Edisi Terbaru

School Success

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia