Aktivitas Seru di Rumah

Meluangkan waktu berduaan dengan anak tidak selalu berarti menghabiskan waktu bersama di luar rumah, yang memerlukan dana ekstra. Anda juga bisa, kok, melakukannya sambil tidur-tiduran atau menonton film kartun favorit di atas kasur, bersama anak.

Menyusun bricks atau puzzle bersama-sama juga bisa jadi kegiatan yang seru, lho Ma! Intinya, Anda dan si kecil sama-sama menikmati kebersamaan tersebut tanpa adanya intervensi dari pihak lain.

“Seorang teman saya, misalnya, biasa melakukan kencan sederhana di dapur rumahnya bersama sang putri yang masih duduk di bangku kelas 2 SD. Setiap kali sedang ingin berduaan dengan mamanya, anak selalu pergi ke dapur untuk membantu memotong-motong sayuran ataupun sekadar menonton mamanya memasak. Teman saya sudah bisa membaca gelagat ini, pertanda bahwa putrinya itu sedang ingin curhat dengannya. Kalau sudah begitu, dia sengaja berlama-lama memasak supaya punya waktu lebih banyak untuk berduaan dan ngobrol dengan putri tercintanya,” ujar psikolog dari Universitas Indonesia, Dr. Rose Mini, M.PsiÑyang akrab disapa Bunda Romi.

Memang, selain melakukan jenis kegiatan yang menyenangkan, yang menjadikan sebuah acara kencan terasa berkesan adalah kualitas pembicaraan dari hati ke hati yang terjadi antara orang tua dan sang buah hati. Dalam suasana santai dan kondusif, beraneka topik pembicaraan akan lebih mudah meluncur dari bibirnya.

Suasana kondusif inilah yang ingin diperoleh melalui acara kencan. Tentu sulit bukan untuk berkonsentrasi pada pembicaraan anak apabila perhatian Anda terpecah pada hal lain?

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia