Anak Susah Tidur Siang? Ini Solusinya!

Anak menolak tidur siang biasanya dialami anak yang sudah memasuki usia 2 tahun, ketika ia sudah mampu bilang ‘tidak’ pada apa pun yang mama katakan. Agar anak mau tidur siang, simak beberapa tip ini.

1. ATUR WAKTU.
Pastikan Anda mengajaknya tidur siang di saat yang tepat, yaitu setelah makan siang. Kenapa? Karena jarak waktunya sudah cukup jauh dari waktu bangun di pagi hari, dan perut kenyangnya pun akan membuatnya sedikit mulai lesu.

2. KONSISTEN.
Jaga ritual tidur siang seperti halnya Anda membuat ritual untuk tidur malamnya. Misal, bacakan buku tertentu menjelang waktu tidur siang, atau tidur siang di tempat yang sama setiap harinya (misal, kamar mama).

3. TAWARKAN SESUATU YANG POSITIF.
Bila anak menolak diajak tidur siang, katakan sesuatu yang positif, seperti, “Nanti kita bisa main lagi sesudah kamu bangun. Malah kamu akan merasa lebih kuat dibanding sebelum tidur siang.”

4. CIPTAKAN SUASANA TENANG.
Matikan TV, tutup pintu untuk meredam suara berisik di luar, dan bersantailah.

5. BUAT WAKTU TIDUR SIANG MENYENANGKAN.
Jangan sekali kali menjadikan tidur siang sebagai ancaman atau hukuman. “Kalau tidak mau makan,nanti mama kurung di kamar untuk tidur siang!” Hal ini akan membuat anak mengasosiasikan waktu tidur siang sebagai hal yang tidak menyenangkan.

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia