Anak Tidak Suka Daging, Perlukah Khawatir?


Anak saya (5 tahun) tidak suka daging sapi ataupun ayam. Padahal, yang saya tahu, daging itu sumber protein yang berguna untuk pertumbuhannya. Bagaimana cara menyiasatinya? — Alana, Surabaya

Sari Sunda Bulan, AMG, nutrisionis:
Selain sumber protein, daging juga mengandung zat besi, zinc, dan vitamin B12. Mama tak usah khawatir, wajar anak seusia itu tak suka daging, karena tekstur daging memang cenderung liat, sehingga membuat anak kesulitan mengunyahnya. Ganti dengan sumber lain, misalnya ikan. Ikan kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Variasikan beberapa jenis ikan agar anak mendapat gizi yang bervariasi pula. Untuk pengganti sumber zat besi, Mama bisa memberikan sayur bayam atau telur sebagai gantinya.

Meski begitu, ketidaksukaan anak pada daging sebaiknya jangan dibiarkan. Coba Mama perhatikan, anak-anak umumnya suka makan burger yang berisi daging. Kenapa? Karena daging di dalam burger empuk. Nah, Mama bisa menyiasati cara mengolah daging supaya empuk, agar dapat dikunyah dengan mudah oleh anak. Misal, dicincang dulu. Atau, beli daging sukiyaki yang tipis di supermarket.

Baca juga:
2 Cara Agar Anak Mau Makan Daging
Kreasi Makanan Olahan Daging Sapi


Foto: 123rf