Beda Pilek dan Influenza

Influenza atau singkatnya flu adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Di Indonesia, yang disebut flu biasanya adalah batuk pilek biasa alias common cold.

Menurut dr. Puspa Aria dari RS St. Elisabeth Lela, Flores, NTT, common cold penyebabnya banyak, bisa virus bisa juga bakteri, “Tapi kebanyakan penyebabnya adalah bakteri yang strainnya tidak seganas virus influenza.”

Lalu, bagaimana membedakan batuk-pilek biasa dengan influenza? Gejala awalnya memang batuk-pilek, tapi penderita influenza juga akan mengalami demam tinggi selama 3-4 hari, sakit kepala, pegal-pegal dan kelelahan yang sangat serta batuk parah. Pada anak terkadang juga disertai muntah dan diare.

Influenza sebenarnya cukup jarang terjadi di daerah tropis. Penyakit influenza berat yang sampai menyebabkan kematian lebih sering terjadi di negara dengan 4 musim.

Walau demikian memang ada kelompok yang rentan terkena influenza dan mengalami komplikasinya seperti akhirnya sesak napas, pneumonia atau bronchitis. Anak-anak balita termasuk dalam kelompok rentan tersebut.”

Foto: Getty Images

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia