Belajar Tidur Sendiri

Untuk beberapa orangtua membolehkan balita untuk tetap tidur bersama dalam satu kamar, namun ada pula yang menganggap kondisi tersebut kurang bijaksana dilakukan.

Apapun  keputusan Anda, ada saat dimana balita perlu berlatih tidur sendiri di kamarnya. Masalahnya, ada anak yang bisa mandiri sejak usia dini, namun ada juga yang sangat tergantung pada orang tuanya. 

Jika  balita 1 tahun belum siap berpisah tidur dengan Anda, percayailah insting Anda untuk yang satu ini! Bila Anda yakin  balita siap untuk dapat dilatih tidur sendiri, ikuti tahap-tahap berikut ini:

  • Pindahkan ia ke dalam boks bayinya yang berada persis di sebelah tempat tidur Anda. Ada boks bayi yang dapat disatukan ke tempat tidur orang dewasa, sehingga ketika pintunya terbuka balita seolah-oleh tidur di sebelah Anda.
  • Setelah anak terbiasa, cobalah memindahkan boks tersebut agak jauh dari tempat tidur Anda.
  • Temani balita 1 tahun hingga terlelap dengan membacakan cerita atau menyanyikan lagu pengantar tidur, lalu tinggalkan. Pastikan boks tidurnya terkunci rapat karena anak usia ini bisa memanjat untuk meninggalkan tempat tidurnya
  • Biasakan balita tidur di kamarnya sendiri di siang hari sehingga ia terbiasa dengan suasana kamar. Sebaiknya kamar anak berhubungan dengan kamar Anda melalui pintu penghubung.
  • Dengan begitu, sewaktu waktu Anda bisa mengontrol  balita jika kelak meninggalkannya tidur sendiri
  • Jika anak semakin terbiasa tidur terpisah dari Anda, pindahkan ke kamarnya sendiri. Temani anak hingga ia terlelap, lalu tinggalkan

Memang tidak mudah membiasakan balita tidur sendiri. Akan terjadi hari-hari ketika anak terbangun dan memanggil Anda untuk menemaninya. Temani balita 1 tahun hingga merasa nyaman dan aman untuk dapat tidur sendiri yang bisa jadi butuh waktu cukup lama untuk itu.

Pada tahap ini, Anda setidaknya sudah membiasakan balita 1 tahun kembali tidur di boks tidurnya. Dengan pembiasaan ini, ia lebih mudah melangkah ke tahapan berikutnya di usia 2 tahun atau 3 tahun. Yakni pindah tidur ke tempat tidur anak yang lebih besar dari boks tidurnya saat ini. (DEN)


Foto: Pixabay

Baca juga:
Anak Berani Tidur Sendiri
Anak Belajar Tidur Sendiri
Apa Saja Penyebab Tidur Anak Tidak Nyenyak?

 

Follow Us

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia