Berapa Lama Perlu Minum Antibiotik?

Anak harus minum antibiotika selama seminggu. Apakah hal ini sudah sesuai atau tidak, sih? Kalau anak sudah didiagnosis menderita penyakit akibat infeksi bakteri dan membutuhkan antibiotika, antibiotika harus diberikan sesuai panduan penyakit tersebut, tepat berdasarkan diagnosis, dengan pilihan antibiotika yang tepat, serta dosis dan aturan yang tepat pula.

Apa akibatnya jika ia tidak menuntaskannya? Ketika mengalami sakit akibat infeksi bakteri yang jahat, anak harus ‘membasmi’ bakteri jahat tersebut sesuai panduan (guideline) yang sudah disusun dunia kedokteran. Jika si kecil tidak mengonsumsi antibiotika secara tuntas (misalnya, karena Anda merasa ia sudah lebih baik), kemungkinan besar bakteri tersebut akan menjadi resisten.

“Jadi, sangat penting untuk tetap mengonsumsi antibiotika sesuai panduan penyakit dan tidak menghentikannya semata-mata karena merasa kondisi tubuh sudah membaik. Misalnya, saat terkena infeksi bakteri TB, konsumsi antibiotika dilakukan selama 6 bulan. Atau, ketika mengalami infeksi saluran kemih (ISK), konsumsi antibiotika dilakukan selama 7 hari meski keluhan gangguan berkemih sudah terasa membaik,” kata dr. Purnamawati, Sp.AK, MMPed., dokter spesialis ilmu kesehatan anak, pendiri dan tim penasehat YOP (Yayasan Orang Tua Peduli) serta penggiat program edukasi SUA (Smart Use of Antibiotics) di komunitas.

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia