Bolehkah Minum Obat dengan Susu

'Jangan minum obat dengan susu', itu adalah salah satu mitos yang akrab melekat di kehidupan kita. Nyatanya, banyak juga mitos yang tidak terbukti kebenarannya. Bagaimana dengan mitos satu ini?

Ternyata, susu boleh kok, diminum bersama beberapa jenis obat. Salah satu cara untuk membuat obat terasa lebih enak dan gampang ditelan anak adalah mencampurnya dengan sedikit cairan (termasuk susu) atau makanan.

Beberapa obat memang bisa dicampur dengan susu, tapi tidak semua obat. Ada jenis obat tertentu yang tidak bisa dicampur dengan susu. Salah satunya, antibiotika. Sebab, susu, salah satu sifatnya adalah menghambat penyerapan zat-zat aktif tertentu, terutama yang terkandung dalam antibiotika.

Jika antibiotika diminum dengan susu, bisa jadi khasiat obat berkurang. Makanya, Anda harus selalu bertanya pada dokter anak sebelum memberi campuran apapun pada obat si kecil.

Bila obat benar-benar terasa pahit, coba dicampur dengan jelly, jus, atau makanan favoritnya. Semua ini akan menyamarkan rasa obat sebenarnya.

Baca juga: 7 Pertanyaan Seputar Obat Bayi

Edisi Terbaru

Happy Healthy Kids

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia