Efek Buruk Anak Kurang Tidur

Anak Anda kurang tidur? Wah Ma, hal berikut ini dapat disebabkan karena kekurangan tidur  lho.


Cedera

Semua ibu tahu kalau begitu anak mulai limbung dan menabrak sesuatu, ini saatnya untuk tidur. Dan berbagai studi memang menunjukkan, anak yang tidak tidur pulas malamnya lebih rentan mengalami cedera sehari setelahnya. Riset bahkan menemukan, risiko anak-anak ini untuk cedera bisa 2 kali lipat ketimbang mereka tidurnya lebih nyenyak.


Perhatian

Tidur bisa mempengaruhi daya ingat, kreativitas, dan kemampuan menyelesaikan masalah. Anak-anak yang terus menerus kurang tidur, dalam studi disebutkan, sering sulit berkonsentrasi, serta agak implusif alias gampang teralih perhatiannya, atau hiperaktif. Bisa jadi, anak yang kurang tidur tidak cukup alert untuk memroses dan mengingat-ingat informasi. Apa akibatnya sih? Ia berisiko ketinggalan dalam pelajaran sekolah.


Emosi 

Kekurangan tidur bisa membuat si kecil lebih sensitif dan kuper. Di sekolah, perilakunya dapat disalahartikan sebagai ada masalah dengan kesehatan mentalnya, seperti ADHD, menurut Marsha Rappley, M.D., associate professor di Pediatric and Human Development, Michigan State University, East Lansing.

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia