Ini Manfaat Tidur Siang untuk Kecerdasan Anak



Ternyata, anak yang rutin tidur siang akan lebih baik mengingat kata-kata baru dibanding anak yang tidak tidur siang. Hal itu terungkap dari penelitian yang dilakukan University of Arizona, AS, belum lama ini. Dalam penelitian tersebut, sejumlah anak berusia 3 tahun diminta tidur siang setelah mempelajari kata-kata baru, sementara sebagian lagi tidak tidur siang. Peneliti lalu menguji pemahaman kata-kata pada para batita itu setelah 24 jam kemudian.

Baca juga: Ajak Anak tidur Siang

Hasilnya, anak yang tidur siang memiliki pemahaman yang lebih baik. Waktu tidur siang yang diperlukan pun hanya sekitar 1 jam, tidak terlalu lama. Cukup memejamkan mata beberapa jam saja secara rutin, mampu meningkatkan kemampuan berbahasa anak.

Baca juga: Anak Susah Tidur Siang? Ini Solusinya!

Anak tidak pernah tidur siang? Tidak usah khawatir, Ma. Menurut peneliti, yang terpenting adalah total lama tidur anak pada hari itu. Anak usia prasekolah harus tidur selama 10-12 jam, baik itu pada malam hari saja, atau gabungan dari tidur malam dan siang hari. Waktu tidur pada anak selama ini juga diketahui berfungsi meningkatkan hormon pertumbuhan.

Foto: 123rf