Kenali Tanda-tanda Anak Autis

Autisme tidak selalu terdiagnosis hingga usia anak sampai 18 bulan, namun ketika jelas bahwa terdapat sikap dan gejala yang harus dikhawatirkan.  

Gestur komunikatif seperti menunjuk , dan sikap pengulangan seperti menyortir objek, merupakan hal penting dalam tahap ini. Fase ini merupakan hal yang akan ditanyakan dokter anak ketika melakukan check-up saat anak usia 18 bulan. AAP (American Academy of Pediatrics) merekomendasikan dokter anak untuk memeriksakan apakah anak memiliki sindroma autisme.

"Ketika satu kali anak terdeteksi positif memiliki autisme, ia harus segera dibawa ke spesialis untuk dievaluasi," kata Geraldine Dawson, M. D., professor psikiatri di University of North Carolina dan the chiefs science officer untuk Autism Speaks.
Problemnya adalah banyak dokter anak yang mengatakan untuk menunggu dan melihat perkembanganya saja.

"Saya tahu bahwa ada yang tidak benar dari awal," kata Sarah Calzone, ibu dari Stephen (6) yang memiliki ASD. "Dia tidak tersenyum, dan setiap hari ia bersuara seperti meremas-remas kantong plastik. Baginya suara itu terdengar seperti bunyi cakaran di papan tulis.”

Dokternya terus mengatakan bahwa ada yang berbeda dari anak saya. "Ketika Stephen berumur 18 bulan, Stephen menyendok mainan Little Peoplenya di dalam gundukan, menghamburkannya, lalu mengulangi urutan tersebut.”

“Saya memohon pada dokter ‘Bisakah Anda memercayai insting saya sebagai ibu kali ini’?” Calzone, yang tinggal di Stratford, CT, bersyukur bahwa ia memaksa: Ia mendapatkan nama dari spesialis lokal yang dapat mendiagnosis autisme, dan dengan treatment dari Yale Child Study Center, Stephen dapat bersekolah di sekolah publik dengan baik. Ia suka sepakbola, kata Calzone, "dan memiliki beberapa teman dekat."

"Orang tua sebaiknya tidak hanya menunggu dan melihat. Semakin cepat anak terdiagnosis, maka semakin cepat pula Anda menolong anak Anda," kata Rebecca Landa, Ph. D., director of the Center for Autism and Related Disorders di Kennedy Krieger Institute di Baltimore.

Saat 16 bulan, Anda dapat mengisi M-CHAT gratis di (m-chat.org) untuk men-screening apakah anak memiliki autisme. Lalu buatlah janji dengan dokter anak Anda jika hasilnya mengkhawatirkan.

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia