Kepribadian Anak Sesuai Urutan

Namun, tidak selamanya menjadi bungsu menyenangkan. Ia selalu merasa si sulung sebagai seorang yang lebih dalam segala hal, lebih cepat, lebih pintar, dan lebih mandiri.  “Karena itu, si bungsu juga mungkin akan menonjolkan dirinya dengan sedikit memberontak”, ungkap Sulloway. Leman juga sepakat dengan hal itu, ia mengatakan jika anak bungsu akan menunjukkan sikap ‘I’ll show them’ pada orang tuanya, terutama saudara-saudaranya.

Anak Tunggal
Jeanie Harris, dari Auburn, California, mengatakan putrinya, Erin, selalu sangat kreatif. "Ketika ia berusia 4 tahun, ia segera menghangatkan hidung saya dengan membuat penutup hidung dari kulit walnut yang diisi kapas, dan menggunakan senar sebagai talinya saat saya mengeluhkan hidung yang  terasa dingin,” kata Jeanie. Karena anak sulung banyak menghabiskan waktu sendirian, ia sering menghibur dirinya sendiri, sehingga cenderung menjadi anak yang lebih kreatif.

Sebenarnya, kepribadian anak tunggal tidak berbeda jauh dengan anak sulung. Mereka sangat percaya diri, pandai berbicara, memperhatikan detail, dan ingin segala hal dilakukan sebaik mungkin. Menghabiskan banyak waktu di dekat orang tua juga menjadikan anak tunggal seperti ‘orang dewasa kecil’. Bedanya, anak tunggal tak harus bersaing untuk mendapat perhatian dan kasih sayang orang tua atau berbagi mainan dengan saudaranya. Ini menyebabkan anak mengembangkan sifat egois. “Mereka terbiasa merasa penting dan akan sulit menerima hal-hal di luar keinginannya,” ungkap Leman.

Baca juga: Anak Tunggal Tumbuh Penyayang

Anak Kembar
"Kepribadian anak kembar biasanya tidak didasari oleh urutan kelahiran," ucap Nancy Segal, PhD, pakar anak kembar dan penulis buku Indivisible by Two: Lives of Extraordinary Twins. "Kebanyakan orang tua  bersikap sangat adil dan tidak menekankan urutan kelahiran si kembar, " lanjut Nancy.

Namun, pada beberapa kasus, anak kembar yang lahir secara vaginal, ukuran tubuh anak yang pertama dilahirkan biasanya berukuran lebih besar dan yang kedua dilahirkan cenderung mengalami masalah kesehatan. Dalam kasus ini, secara tidak sadar orang tua memperlakukan anak yang lahir pertama seperti anak sulung.

Elizabeth Lyons, penulis Ready or Not ... There We Go!  Guide to the Toddler Years with Twins, melihat fenomena ini terjadi pada Jack dan Henry, anak kembarnya yang berusia 5 tahun. "Jack yang lahir 28 menit lebih dulu selalu memperhatikan Henry. Jack juga dapat mengomunikasikan apa yang ia butuhkan dengan baik dan selalu menjalankan perannya dengan baik," ungkapnya. (DEN)

Foto: 123RF

Baca juga:
Mengasuh Anak Sulung
Kepribadian Awal Bayi Anda
Es Krim Favorit Vs Kepribadian


Topic

#balita #pengasuhananak #parenting

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia