Kesalahan Orang Tua Saat Menggunakan Car Seat untuk Anak


Ketika melakukan perjalanan dengan mobil, keberadaan car seat untuk anak juga tidak boleh sembarangan. Dilansir dari USA Today, kebanyakan orang tua menempatkan car seat anak di kursi depan sebelum usia yang dianjurkan, yakni 2 tahun.

American Academy of Pediatrics menyarankan agar anak-anak duduk di belakang kursi mobil mereka sampai berusia 2 tahun, bahkan di atas usia tersebut. Meski Anda sudah memiliki car seat yang aman buat anak, bukan berarti dia akan bebas dari kemungkinan jatuh, terbentur, atau bahkan terpental.

Car seat memang salah satu fasilitas yang membuat anak nyaman di dalam kendaraan, namun bagaimana jika kenyamanan tak diimbangi dengan keamanan? Bahkan, beberapa orang tua juga tidak mengerti bagaimana cara yang benar menggunakan car seat bagi balita.

Baca juga: Panduan Pakai Car Seat

Kalau selama ini Anda mengira tempat paling aman mendudukkan anak adalah di sebelah jok sopir, itu adalah kesalahan besar, Justru, jok penumpang di bagian belakang mobil yang paling aman. Hal ini untuk berjaga-jaga jika terjadi kecelakaan.

Selain itu, perhatikan juga sabuk pengaman atau tali pengikat ya, Ma, agar dapat dipasang dengan erat. Tujuannya untuk mencegah anak bergerak ke depan. Meski sejengkal sekalipun, jika anak masih bisa bergerak ke depan, maka dapat memicu risiko anak mengalami benturan di kepala atau cedera pada saraf tulang belakang ketika terjadi kecelakaan. Ingat ya, Ma, safety riding is a must. (IRM)

foto: 123rf