Latih Anak Agar Lancar Bicara

Umumnya bayi memang baru dapat mengucapkan kata pertamanya di usia 11-14 bulan, saat lidah dan bibir mereka lebih lincah dan otaknya lebih cepat mengasosiasikan objek dengan sebuah kata. Namun, setiap anak mencapai milestone-nya di usia yang berbeda.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menambah perbendaharaan kata dan kemampuan berbicaranya:

- Membacakan buku. Bukan hanya membacakan kata-katanya, tapi tunjukkan juga gambar yang dimaksud kata tersebut. Misal, saat mengatakan “Tikus kecil memakan keju,” tunjukkan padanya gambar tikus di halaman tersebut.

- Mengenalkan kata baru dengan bermain.­ Masukkan kata-kata baru yang sederhana saat Anda menemaninya bermain. Jika ia suka bermain kereta api, kenalkan kata-kata: Stasiun, penumpang, rel kereta, gerbong, dll.

- Bernyanyi bersama. Lebih baik lagi jika mengenalkan lagu yang berisi pengenalan nama-nama benda.

- Dorong ia menyampaikan keinginan dan kebutuhannya. Misal, saat gelasnya kosong, biarkan ia meminta minum sendiri pada Anda.

- Perbaiki kata-katanya tanpa menggurui.­ Kadang anak bicara sepenggal-sepenggal, misal: “Mau makan” atau “Nggak bobo”. Perbaiki kalimatnya dengan mengulang perkataannya menjadi, ”Adik mau makan, ya?” atau “Kenapa Adik tidak mau tidur?”

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia