Mengenal Model Sepatu Anak Sesuai Usia


Sepatu adalah salah satu benda favorit pelengkap agar kaki makin nyaman dan selalu trendi, tak hanya untuk orang dewasa tapi juga untuk anak-anak. Para Mama yang ingin penampilan si kecil selalu trendi, seringkali dipusingkan dengan beberapa model sepatu anak yang akan dicocokan dengan kostum yang mereka gunakan. Untuk itu bagi para Mama jangan khawatir, kenali beberapa model sepatu anak yang lucu dan sesuai usia agar tidak salah saat membeli. Apa saja? Yuk simak!

Pre-Walker Shoe / Sepatu Khusus Bayi
Pre-walker adalah sepatu yang di desain khusus untuk bayi. Sepatu model ini bisa dipakai dari baby Newborn/bayi baru lahir sampai kurang lebih 12 bulan. Pre-walker shoe ini terbuat dari bahan-bahan yang halus dan lembut, lentur juga fleksibel. Seperti dari kain, kulit atau kulit imitasi.

Selain untuk menghangatkan kaki, pre-walker shoe juga bisa digunakan untuk yang sedang hobi merangkak atau titah, bahkan bayi yang sudah mulai berjalan. Saat akan membelinya sebaiknya ukur dulu telapak kaki bayi, gunakan ukuran yang pas. Jangan mengira-ngira ukuran saat akan membeli sepatu, jika sepatu terlalu ketat dapat mengakibatkan masalah untuk kaki bayi.

Toddler Shoe
Toddler shoe ini model sepatu untuk bayi yang baru bisa jalan. Bisa dipakai untuk bayi kurang lebih 1,5 tahun. Bahannya pun berbeda dari pre-walker shoe, bahan toddler shoe biasanya memiliki sol bawah sepatu yang agak keras, agar bisa melindungi kaki bayi saat berjalan di tanah, atau di lantai licin.

Toddler shoe ini terbuat dari karet yang lembut/lentur sehingga aman untuk bayi yang sedang belajar jalan. Fungsi  sepatu ini pun dapat melindungi kaki si kecil dari benda-benda “tajam”, misal batu-batu kecil yang tak kasat mata. Selain itu, toddler shoe dapat lebih menyangga berat tubuh si kecil, sehingga titik berat bisa bertumpu di posisi yang benar. Soal harga biasanya harga toddler shoe lebih mahal dibandingkan pre-walker shoe karena desain dan modelnya yang lebih rumit.

Ankle Shoe
Sepatu jenis ankle adalah sepatu yang memperlihatkan tumit. Biasanya model sepatu ini lebih dikenal dengan sebutan sepatu-sandal. Model ini cocok digunakan ke acara-acara yang tidak terlalu formal seperti saat bermain ke mall, playground atau tempat wisata.

Dengan memakai model ankle shoe anak akan merasa nyaman dengan udara yang mengalir dikakinya dibanding dengan menggunakan sepatu tertutup. Mama bisa memilih model tanpa hak jika banyak aktivitas yang harus dilakukan anak. Hal ini untuk mencegah keseleo atau nyeri ringan pada kaki anak karena heels saat terlalu lama beraktivitas.

Boots
Beberapa model sepatu sekolah anak yang bisa menjadi inspirasi adalah model sepatu keds boot. Model ini sangat mirip dengan keds biasa, hanya bedanya terletak pada atas tumit yang agak tertutup sampai ke mata kaki. Boots ini mempunyai dua variasi model bukaan seperti tali dan strips. Saat memakai sepatu model ini, pakailah kaos kaki yang berbahan lembut dan bisa menyerap keringat. Misalnya dari bahan katun, rayon, atau bahan kaos yang lembut. Gunanya untuk menghindari iritasi pada kaki anak.

High Heels
Model sepatu ini bisa dipakai untuk anak usia 2 tahun lebih. Biasanya ini adalah sepatu favorit anak yang suka dengan gaya girlie. Tidak jarang dijumpai anak menggunakan sepatu high heels milik Mamanya kemudian melenggak lenggok di depan cermin. Nah, sebenarnya Mama bisa membelikan model high heels yang sesuai dengan ukuran dan usianya. Pilihlah sepatu yang tidak terlalu tinggi dan dengan bahan yang nyaman seperti velvet dan satin. Model sepatu ini bisa digunakan anak saat mengikuti acara resmi seperti pernikahan keluarga atau acara ulang tahun orang terdekat.

Wedges
Ma, jika anak tidak terbiasa dan bahkan tidak bisa memakai high heels, alternatifnya adalah perkenalkan anak dengan wedges. Sepatu berhak tinggi ini lebih seimbang daripada high heels. Pasalnya sepatu model ini terdapat hak yang menyeluruh dan menopang semua permukaan bawah sepatu. Maka anak hanya menyesuaikan diri seperti berjalan melayang lebih tinggi. Penggunaannya sama seperti high heels karena wedges juga termasuk sepatu formal. Namun high heels maupun wedges lebih baik tidak digunakan terlalu lama karena akan membuat anak lebih cepat capek dan bahkan nyeri pada kaki. 

Beragam bahan serta jenis banyak ditawarkan oleh berbagai toko dengan variasi harga yang tidak sama.  Agar tidak salah memilih sepatu untuk anak, Anda perlu cermati saat akan membeli sepatu agar memperoleh kualitas yang bagus dan terjangkau harganya. Meskipun tak semua sepatu yang memiliki harga mahal kualitasnya terjamin, namun setidaknya dengan memilih sepatu yang memiliki branded ternama dengan harga yang terjangkau patut Anda coba.

Payless ShoeSource ritel sepatu asal Amerika Serikat, menawarkan berbagai macam tren sepatu anak berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Ada berbagai macam alas kaki tersedia di Payless untuk Mama, Papa dan si kecil. Mulai dari highheelswedges, sepatu glitter untuk anak perempuan, sepatu keds dengan karakter kartun untuk anak laki-laki dan sepatu yang dapat menyala untuk anak laki-laki dan perempuan. Termasuk juga sepatu khusus, seperti sepatu dansa, dan alas kaki anti-slip. Tak ketinggalan, aksesori, seperti kaus kaki, scarf, perhiasaan dan aksesori rambut juga bisa Anda dapatkan di Payless.


Payless juga menawarkan layanan pengukuran kaki. Layanan ini bisa membantu para orang tua menentukan ukuran sepatu yang tepat untuk anak. Penawaran ini memungkinkan anak-anak dari segala usia untuk mendapatkan sepatu terbaik sesuai dan pas untuk kaki mereka. Jangan lewatkan promo dah info lainnya di Facebook Payless Shoesource Indonesia & Instagram @PaylessID 

Foto: pixabay

WEBTORIAL