Napas Anak Berbunyi Saat Tidur


Merasa terganggu dengan suara napas anak yang berbunyi grok-grok?Napas berbunyi ini memang sering terjadi pada bayi baru lahir, namun umumnya gangguan ini akan bertambah membaik seiring pertambahan usia. Nah, pada beberapa anak, gangguan ini justru bisa bertambah parah keluhannya saat seharusnya gangguan tersebut membaik. Hal ini sering disebut hipersekresi bronkus, di mana napas anak berbunyi grok-grok, kadang disertai batuk sesekali terutama malam dan pagi hari (siang hari batuk menghilang!).

Apa penyebabnya? Alergi termasuk gangguan yang menjadi permasalahan kesehatan penting pada usia anak. Gejala alergi yang menimbulkan hipersekresi bronkus atau suara grok-grok pada anak sering dicetuskan dan disebabkan karena banyak faktor. Tetapi yang paling sering terjadi justru dipicu atau diperberat karena infeksi virus ringan yang tidak terdeteksi.

Faktor lain dengan manifestasi lebih ringan disebabkan karena diet yang dilakukan Mama termasuk jenis makanan yang dikonsumsi. Sering kali dokter atau orang tua sulit membedakan faktor mana yang menjadi penyebab, apakah faktor alergi atau yang lain. Jadi, pastikan Anda mendapat diagnosis yang tepat dari dokter, ya, Ma. Jangan sampai anak divonis alergi, misalnya alergi susu sapi, dan harus menggantinya dengan susu khusus, padahal belum tentu gangguan tersebut disebabkan alergi susu sapi.

Baca juga: Baca juga: Anak Tidur Siang, Ini Manfaatnya!

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia