Peralatan Makan Anak Dari Pastik Harus Penuhi Unsur Ini

Si kecil mulai masuk MPASI. Pasti menyenangkan menikmati tahapan baru dalam perkembangannya. Seringkali untuk fase MPASI, orang tua memberikan bahan makanan berbahan plastik pada si kecil. Piring, mangkuk, sendok, garpu, gelas, bahkan celemek plastik.
 
Bukan tanpa alasan, alat makan berbahan plastik memang memberikan kenyamanan. Selain alasan tidak mudah pecah, bahan ini juga ringan dibandingkan dengan bahan gerabah, gelas, atau stainless. Dibandingkan dengan peralatan makan berbahan kayu, permukaan plastik yang rata dan halus memiliki kelebihan. Serat kayu pada permukaan peralatan makan dari kayu berpotensi menyakiti anak Anda.
 
Namun, apakah peralatan makan anak dari plastik aman? Cermati unsur-unsur berikut untuk memastikan bahwa peralatan makan plastik yang Anda beli aman untuk sang buah hati.
 
Food Grade
Peralatan makan berbahan plastik berbeda dengan kayu yang dikenal organik. Dalam pembuatannya, tentu melibatkan unsur kimia. Tapi Anda tidak perlu khawatir bahwa semua yang terbuat dari plastik tidak aman untuknya.
 
Untuk memastikan bahwa peralatan makan dari plastik bisa dipakai untuk si kecil, pastikan Anda membeli yang berlabel food grade. Peralatan makan dengan label ini tidak mengandung toxic dan aman untuk aktifitas konsumsi.
 
BPA-Free
BPA (Bisphenol-A) adalah zat kimia sintetis yang sering digunakan pada peralatan makan berbahan plastik agar terlihat lebih bening dan strukturnya lebih keras atau kokoh. Beberapa studi menyatakan bahwa BPA dapat menjadi faktor pengganggu hormon pada masa pertumbuhan anak. Selain itu, BPA juga berpotensi menganggu metabolisme tubuh.
 
Untuk mengetahui kandungan BPA dalam peralatan makan, carilah simbol segitiga (biasanya di bagian bawah peralatan makan). Jika di dalam simbol segitiga bertuliskan nomor 7 atau ada tanda huruf PC, maka peralatan tersebut mengandung BPA. Umumnya peralatan makan yang BPA-free berwarna sedikit kusam dan agak lentur.
 
Memiliki PP 5
Selain simbol segitiga yang mencantumkan kandungan BPA, peralatan makan juga mencantumkan PP (Polypropylene). PP merupakan material plastik yang aman untuk aktivitas konsumsi karena memiliki ketahanan kimia yang baik, daya serap air rendah, dan tahan terhadap unsur asam dan basa. Material plastik dengan PP 5 tahan panas, dapat dicuci ulang, serta dapat digunakan berkali-kali dalam jangka waktu lama.
 
Bebas PVC
Tidak hanya BPA, kandungan PVC (Poly Vinyl Chloride) juga harus dihindari dalam peralatan makan bayi Anda. PVC merupakan material plastik yang umumnya digunakan untuk pembuatan bahan bangunan. Sejauh ini, beberapa penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak terpapar senyawa kimia ini dapat menyebabkan kanker.
 
 
 
(LELA LATIFA)
FOTO: PIXABAY
 

 

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia