Solusi Anak Tak Mau Sarapan

Sarapan adalah waktu makan yang paling penting. Jadi, Anda perlu membiasakan anak untuk makan sebelum melakukan berbagai aktivitas hariannya. Idealnya, Anda memberi contoh dengan makan bersama di meja makan.

Tapi, masih ada cara lainnya, yaitu:

- Bangunkan lebih pagi. Banyak anak yang tidak suka diburu-buru atau justru jadi marah dan menolak apa pun jika diminta bergerak cepat. Biasakan untuk membangunkannya setengah jam lebih awal untuk memberi waktu yang cukup untuk makan pagi.

- Selalu lakukan pada jam yang kurang lebih sama. Dengan begitu, ia akan terbiasa untuk sarapan pada waktu yang ditentukan.

- Yang penting adalah anak terbiasa dulu! Jika pada awalnya ia makan sedikit, biarkan saja, Ma! Lama kelamaan jumlah yang dimakan akan bertambah, kok.

- Variasikan makanannya. Ini tidak berarti ia harus selalu makan roti, sereal, atau bubur. Minta anak untuk memilih makanan yang diinginkan besok dengan menunjuk gambar-gambar makanan.

- Catat jumlah suapan yang masuk ke mulutnya. Makin banyak suapan, makin banyak hadiah yang didapat. Ia pasti senang! Nah, hadiah bisa diberikan sesuai jumlah suapan target. Misalnya, es krim, mainan, dll.

 

Follow Us

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia