Sudah Besar, BasuhSendiri Setelah ‘Ke Belakang’ Ya, Nak.


Yeaayyy, akhirnya si kecil lulus tahap potty training! Ujian Anda selanjutnya adalah mengajari si kecil untuk membasuh diri sendiri sehabis pipis dan pup.

Faktor fisik juga berperan di sini. Kalau tangan si kecil sudah cukup panjang untuk menjangkau dengan baik daerah pribadinya (biasanya pada usia sekitar 4 - 6 tahun), maka itulah saatnya ia belajar untuk membasuh dirinya sendiri.

Jangan memarahi atau putus asa saat si kecil belum mau membasuh sendiri karena bisa saja ia malah akan ngambek dan menolak. Bersabar dan ajari perlahan tiap kali ia pipis dan pup, hingga ia bisa melakukannya sendiri.

Ajari si kecil dengan cara berikut ya, Ma…

1. Jelaskan pada anak mengapa kita perlu membasuh diri menggunakan air dan sabun seusai pipis dan pup. Air dan sabun akan menghilangkan bau pup. Selain bau, bila tidak bersih membasuh diri setelah pipis dan pup, si kecil bisa terkena gatal-gatal.

2. Tegaskan pada anak, bahwa ia sudah mulai besar dan sudah mulai beraktivitas tanpa ditemani mama-papa, misalnya sekolah. Nah, kalau di sekolah atau di tempat lain tidak ada mama-papa, maka ia harus sudah bisa membasuh dirinya sendiri.

3. Demonstrasikan cara membasuh diri. Membasuh harus dari arah depan ke belakang agar kuman-kuman dan kotoran dari area belakang tidak terbawa dan tertinggal ke area depan. Ajari juga cara mengeringkan area pribadinya dengan tisu, sekaligus untuk memastikan bahwa ia benar-benar sudah membasuh bersih area pribadinya.

4. Ingatkan si kecil untuk selalu mencuci tangannya dengan air mengalir dan sabun tiap kali selesai pipis dan pup.

5. Bila si kecil sudah sekolah, ajarkan step by step-nya langsung di toilet sekolah bila nanti ia ingin pipis atau pup. Ajarkan detail mulai dari menutup atau mengunci pintu toilet, membasuh diri, hingga memakai lagi rok atau celananya. 

 
(YENNY GLENNY)
FOTO: FREEPIK